Cara Membuat DIY E-Liquid Vaporizer a.k.a Rokok Elektrik

Cara Membuat DIY E-Liquid – Cara membuat liquid untuk rokok elektrik, pembahasan ini biasanya ditulis di forum. Hal ini karena dibutuhkan diskusi dari para member untuk menjadikan diskusi pembuatan liquid untuk rokok elektrik / personal vaporizer lebih bagus dan sempurna.

Ada tahap-tahap serta aturan yang harus diperhatikan sebelum membuat sendiri diy e-liquid. Well, mari saya bahas sedikit tentang pembuatan e-liquid / cairan isi ulang personal vaporizer.

Cara Membuat DIY E-Liquid

Cara Membuat DIY E-Liquid

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan e-liquid terutama yang homemade:

  1. Kebersihan
  2. Cahaya ruangan
  3. Peralatan
  4. Bahan
  5. Resep
  6. Tempat penyimpanan
  7. Kemauan

7 Persiapan Membuat DIY E-Liquid

Mari kita bahas satu persatu, diawali dengan:

1. Kebersihan

Kebersihan adalah syarat mutlak untuk membuat sesuatu yang dikonsumsi manusia. Dalam pembuatan barang apapun, kebersihan sebenarnya merupakan aspek yang sangat penting dan jangan sampai di abaikan. Kebersihan dalam melakukan pembuatan e-liquid meliputi, kebersihan tangan, kesehatan tubuh,dan kebersihan tempat / ruangan pembuatan.

Tangan harus bersih, disarankan untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum memulai pembuatan.

Tubuh harus sehat, jika terkena flu jangan sesekali membuat e-liquid karena virus flu secara tidak langsung bisa bercampur dengan kandungan bahan liquid.

Ruangan harus bersih,bersih dan steril bukan berarti harus di lap, karena homemade, di ruangan yang dipakai untuk pembuatan liquid sebaiknya tidak dijangkau oleh hewan, dan bersih dari debu,dsb.

2. Cahaya ruangan

Cahaya matahari bisa merusak banyak bahan eliquid, oleh karena itu sebaiknya liquid yang dibuat baik sebelum ataupun sesudah jangan sampai terkena cahaya matahari langsung.

3. Peralatan

meliputi:
a. Jarum suntik besar (utk memindahkan bahan dasar / base liquid)
b. Jarum suntik kecil (utk memindahkan essence flavour)
c. Timbangan elektrik utk mengukur berat liquid (opsional karena ada jarum suntik yg sudah pny takaran ml)
d. Sarung tangan latex
e. Botol utk pencampuran base dengan essence
f. Pulpen dan kertas utk menulis batch dan persentase campuran{kalau membuat liquid tanpa resep}
g. Kompor induksi listrik utk mencairkan menthol,dsb (kalau dibutuhkan)
h. Gelas takar
i. Label sticker utk menandai batch

4. Bahan

  • Propylene Glycol (Wajib FOOD GRADE)
  • Vegetable Glicerin (Wajib FOOD GRADE)
  • Essence Flavour (Wajib FOOD GRADE)
  • Pemanis dan penguat aroma(Wajib FOOD GRADE){opsional}
  • Bahan Tambahan Lainnya (Wajib FOOD GRADE){opsional}

5. Resep

Resep bisa di baca di http://e-liquid-recipes.com atau campurkan menurut imajinasi Anda sendiri.

6. Tempat penyimpanan

Lemari pendingin merupakan opsi terbaik, atau kalau tidak lemari biasa juga bisa. Hindari tempat yang mudah di jangkau oleh anak-anak

7. Kemauan

Well, kemauan ini mencakup uang yang harus di gelontorkan untuk membeli bahan dan peralatan sebelum memulai pembuatan diy e-liquid. Saya sarankan membaca forum yang membahas DIY E-Juice / E-liquid sebelum memulai. Untuk mendapatkan bahan yang berkualitas tentu uang yang harus dihabiskan lebih besar tetapi hasilnya pastinya lebih baik daripada bahan yang abal-abal.

Update 4 Januari 2016!

7 Langkah Membuat DIY E-Liquid

7 Cara Membuat DIY E-Liquid – Tidak afdol rasanya jika saya menulis cara membuat / diy e-liquid ini hanya membahas tahapan persiapan saja. Oleh karena itu, saya akan menyambung tulisan saya sebelumnya dengan memaparkan cara pembuatan e-liquid secara sederhana.

7 Tahap Pencampuran e-liquid

  1. Masukkan PG kedalam botol pencampuran
  2. Masukkan Essence secara berurut sesuai resep
  3. Masukkan Sweetener jika diperlukan
  4. Mix / kocok botol sampai berbuih atau minimal 30 detik
  5. Setelah buih hilang di botol pencampuran, baru campurkan VG
  6. Mix / Kocok lagi botol sampai berbuih minimal 30 detik
  7. Selesai. Hasil pembuatan bisa langsung di drip.

Setelah 7 langkah pembuatan di atas, sebotol e-liquid belum bisa dikatakan siap pakai. Memang Anda bisa langsung coba, tetapi hasilnya tidak akan maksimal. Penyebabnya, VG belum benar-benar tercampur dengan essence dan PG. Oleh karena itu, perlu yang namanya Steeping.

Cara Steeping e-liquid

Saya akan membahas lebih jauh tentang steeping e-liquid ini di lain waktu. Tetapi agar muat di tulisan ini, saya akan membeberkan caranya saja.

Ada 3 jenis steeping sejauh ini yang saya ketahui, yaitu:

  1. Menggunakan pengaduk / milk frother. Caranya, cukup aduk dengan milk frother selama 2kali sehari lalu simpan.
  2. Diamkan dan simpan di tempat gelap. Simpan ditempat gelap selama 3 – 7 hari sesuai resep
  3. Menggunakan air suam. Caranya, masukkan e-liquid beserta botolnya ke mangkuk besar yang berisi air suam (hangat), kemudian biarkan sampai air suam tersebut dingin.

Setelah tahap steeping, maka e-liquid Anda akan benar-benar mencapai hasil akhirnya. Enak tidaknya e-liquid buatan Anda, tetaplah hargai dan habiskan jika bisa. Jika tidak bisa, Anda bisa membagikannya kepada teman-teman Anda yang mungkin suka.

PENTING!

Selalu ingat untuk mencatat setiap resep dan proses pembuatan sampai pendapat Anda tentang hasil e-liquid Anda. Hal ini akan meningkatkan kemampuan Anda ketika membuat e-liquid berikutnya.
7-Langkah-Membuat-DIY-E-Liquid
Berikan kepada teman-teman Anda dan tanyakan pendapat mereka terhadap eliquid Anda. Simpan feedback dari teman-teman Anda dan gunakan meningkatkan mutu dan kualitas dari batch eliquid Anda berikutnya.

Jika Anda merasa e-liquid Anda telah layak jual, cobalah terlebih dahulu untuk direview ahlinya. Anda bisa kirim kepada saya untuk saya review di blog vaporku.com ini. Silahkan tinggalkan kontak di komentar agar bisa saya hubungi 🙂

Semoga bermanfaat Cara Membuat DIY E-Liquid ini. Ada yang mau ditanyakan? Kotak komentar terbuka lebar, dan saya bersiap untuk membalas dengan sepenuh hati.